Mengenal Wajib Militer di Korea Selatan

Ada-akbar.com Wajib militer yang disingkat WAMIL adalah kewajiban seorang warna negara usia antara 18 – 27 tahun untuk menyandang senjata dan menjadi anggota tentara.Yang melakukan WAMIL adalah warga pria.Untuk wanita tidak diharuskan mengikuti wamil,tetapi ada negara yang mewajibkan seperti Israel dan Suriname.Mahasiswa,biasanya tidak perlu ikut wamil.
Sekarang yang akan saya tulis adalah WAMIL di Korea Selatan.Korea Selatan yang menjalankan program WAMIL karena hubungannya dengan negara tetangga KORUT yang sampai saat ini masih hambar hingga harus memisahkan satu negara menjadi dua negara.Pria Korea Selatan yang berumur 20-30 TAHUN diwajibkan mengikuti program wajib militer selama 2,3-2,5 tahun.Biasanya para pria akan stress ketika mendapatkan panggilan untuk wajib militer.

Beberapa golongan yang tidak diwajibkan untuk mengikuti wajib militer antara lain,

1.Orang yang cacat
2. Seorang ilmuan
3. Orang yang berjasa bagi negara,sperti (Ahn Jung Hwan cs ) yang berhasil masuk semi final pada Piala Dunia tidak wajib mengikuti wamil.
4. Para Kriminal
5. Seorang yang mengalami cedera fisik.
6. Jika seorang laki-laki adalah pencari nafkah utama.
7. Sudah menikah serta tidak memiliki anak laki-laki.
8. Seorang anak tunggal laki-laki. Hal ini untuk memastikan warisan dari keluarga atau penerus keturunan keluarga.

Salah satu artis korea yang mengikuti wajib militer adalah Lee Jun Ki.Sepertinya foto dibawah ini tidak asing,bagi anda penggemar film korea.

Walaupun masih mengikuti wajib militer,tetapi Lee Jun Ki tetap memasuukan 10 artis terbaik.Kewajiban mengikuti wajib militer memang menjadi prioritas utama bagi pemuda khususnya di negara Korea Selatan.

Di Indonesia sendiri,sempat muncul wacana mendukung wajib militer.Tetapi tidak ada respon,mungkin jika ada wajib militer di Indonesia.Blog artikel menarik ini terpaksa tidak update untuk beberapa tahun kedepan karena saya mengikuti wajib militer.Bagaimana,anda setuju wajib militer untuk Negara Indonesia ?

Gambar diambil dari http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10347856

Facebook 6
Google+ 0
Pinterest 0

Latest Comments
  1. Arif

    saya sendiri jujur kurang suka dengan wajib militer :)

  2. Triunt

    Hmm sepertinya menarik kalo ada wajib militer ya.
    melatih mental, dan melatih rendah hati.
    anak muda sekarang rasanya udah paling jagoan aja (termasuk saya dulu), ndak tahu rasanya perang yg bertaruh nyawa ;D

    • nunu

      kalo udah ikut wamil ya tambah sok jagoan dong

  3. boyin

    indonesia penduduknya banyak, gak usah ikut wamil, yg daftar ampe nyogok2…kalo sekelas korsel ama singapur, pengalaman saya dulu malah diiklanin kemana mana sampai stasiun kereta saking gak ada yg mau jadi tentara…heee…

  4. Deny Kurniawan

    korea ada 2 jadi siap2 perang.. so wajib militier emang perlu gan

  5. gray

    sebenarnya sya setuju karena wamil sangat bagus untuk mendidik warga negara indonesia yang kebanyakan kurang disiplin.

  6. reza

    gue se7 wamil di RI kalo qt mau perang

  7. hanif

    setujuh, byr g ada orang yang bwatak ky geng motor, pedemo anarki dan yang terpenting byr orng indonesia disiplin g malas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one × 8 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>