Zat Yang Berbahaya Pada Makanan

Ada-akbar.com – Makanan di era modern seperti sekarang ini yang paling disukai adalah makanan instan.Tak heran kalau perusahaan makanan berlomba-lomba menciptakan makanan instan yang unik dan kaya rasa.Tetapi banyak sekali makanan yang mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh kita.Makanan menjadi berbahaya karena adanya zat adiktif pada perwarna makanan tersebut.Zat pewarna biasanya sengaja ditambahkan kepada makanan untuk memberikan kesan menarik dilihat.

Beberapa zat pewarna dan efeknya bagi tubuh kita adalah sebagai berikut,

1.Zat Boraks

Senyawa yang satu ini berbentuk kristal,putih dan tidak berbau.Dengan nama kimia natrium tetrabonat ternyata dapat dijumpai dalam bentuk padat maupun cair.Boraks juga biasa digunakan untuk diterjen.Walaupun boraks haram digunakan untuk makanan tetapi banyak dijumpai pelanggaran makanan pengguna boraks antara lain krupuk,bakso dan jajanan lainnya.

Efek yang ditimbulkan ketika memakan boraks adalah pusing,mual,demam,nyeri,mengantuh sampai muntah darah.

2.Zat Formalin

Kalau yang satu ini sudah tidak asing ditelinga kita.Formalin yang tidak memiliki warna serta baunya sangat menusuk.Di dalam formalin terkandung 7% formaldehid dalam air,juga ditambah metanol hingga 15% sebagai pengawet.Zat yang biasa digunakan untuk perekat lemari sampai pengawet mayat ini telah dilarang keras sebagai zat pengawet makanan.Pelanggaran penggunaan formalin sering ditemukan pada mie basah,bakso,serta makanan yang sering di awetkan lainnya.

Efek fatal memakan formalin adalah apabila tertelan sampai 30 mL maka dapat menyebabkan kematian.Selain itu dapat menyebabkan efek fatal lainnya seperti kehilangan kesadaran diri.

3.Zat Pewarna Kuning Metanil

Zat ini berwarna kuning kecoklatan dapat berbentuk padat maupun serbuk.Biasa digunakan untuk bahan cat dan tekstil.Kuning metanil haram dikonsumsi sebagai makanan.Biasanya makanan yang menggunakan kuning metanil akan terlihat mencolok seperti krupuk yang sangat terang warnanya dan memiliki bintik – bintik merah.Tanda bintik merah menandakan adanya metanil pada makanan tersebut.

Efek mengkonsumsi pewarna metanil memiliki dampak buruk seperti mual,muntah,diare sampai tekanan darah rendah.

4.Zat Rhodamin B

Pewarna sintesis yang satu ini digunakan oleh industri kertas dan tekstil.Bentuknya seperti kristal merah dan dalam air akan terlihat merah terang.Zat ini telah haram dikonsumsi untuk makanan.Pelanggaran penggunaan zat berbahaya ini sering dijumpai pada krupuk dan es puter.

Efek yang ditimbulkan adalah iritasi pada saluran pernafasan,iritasi kulit sampai yang terparah gangguan kanker hati.Ciri-ciri setelah memakan zat ini adalah air seni yang keluar akan berwarna merah atau merah muda.

 

 

 

Facebook 4
Google+ 0
Pinterest 0

Latest Comments
  1. Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah

    tapi klo mau awet muda mungkin aja raup tiap hari pake formalin bisa berhasil :D

  2. FajaR

    Wah ngeri juga efectnya, apalagi kalau sampe muntah darah…. tapi susah juga ya membedakan makanan yang mengandung bahan2 tersebut sama yang enggak :malu:

  3. herddi

    Liatt gambarnya yang di atas aja perutku dah mual.. Padahal Lagi puasa ..

  4. john

    repot juga sih, masa’ ga makan :D

  5. andre Top 1

    waduh berbahaya juga ya. apalagi buat yang biasa jajan di luar.

  6. Asop

    Ngeri… :(

  7. Lintasberita

    Ass..zaman sekarang semakin banyak aja zat2 kimia yang secara sadar maupun tidak masuk kedalam tubuh kita melalui makanan..

  8. tuty

    kalo dpikir2 zaman sekarang tak ada makanan yg 100% sehat,sekalipun dari tumbuhan hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six × 3 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>