Penyebab dan Alasan Bunuh Diri

Ada-akbar.com – Bunuh diri merupakan suatu hal yang sangat buruk.Dimana seseorang menantang dan menyalahi kodrat Tuhan YME dengan mencoba membunuh dirinya sendiri.Survei membuktikan sekitar satu juta manusia setiap tahunnya melakukan bunuh diri.Prialah paling banyak melakukan bunuh diri daripada wanita.Karena wanita lebih mudah menahan penderitaan daripada pria.Beberapa faktor yang perlu anda ketahui,ketika orang melakukan bunuh diri antara lain,

1.Kurangnya Iman dan Takwa

Seorang yang tak punya iman dan takwa kepada Tuhan YME,tentunya tidak memiliki pegangan ataupun landasan dalam kehidupan.Sehingga ketika mengalami suatu masalah yang besar,mereka cenderung menangani dengan sembrono.Alhasil ketika masalah tidak kunjung selesai,mereka tak dapat berpikir ahirnya mencoba jalan untuk mengahiri hidupnya.

2.Sikap mental yang buruk

Mental merupakan faktor yang sangat mempengaruhi.Dimana seorang yang bermental lemah harus menghadapi masalah yang besar,jika tidak kuat dan tak punya faktor yang pertama diatas tadi.Tentunya bunuh diri akan terlintas dipikiran mereka.

3.Masalah yang tak kunjung usai

Lagi-lagi karena masalah yang terlalu membebani.Masalah jika dianggap besar maka akan menjadi besar apalagi masalah yang besar dianggap besar pastinya akan menjadi sangat besar.Sebaiknya hadapi masalah dengan tenang dan bersandar pada iman dan takwa.

Bunuh diri sendiri jarang terjadi pada anak usia 14 tahun ke bawah,karena mereka anak-anak belum dapat berpikir tentang kehidupan itu sendiri.Angka bunuh diri paling besar memang dikalangan muda sekitar umur 18 tahun keatas.Gadis remaja cenderung bunuh diri dikarenakan membutuhkan pertolongan orang yang mengerti.Mereka tak kuat menghadapi masalah sendiri.

Beberapa hal yang perlu anda lakukan ketika anda memiliki teman yang ingin bunuh diri adalah sebagai berikut,

  • Mendengarkan apa yang mereka katakan,biarkan mereka berbicara panjang lebar kepada anda.Selami cerita mereka dan cobalah mencari solusi selesai bercerita.
  • Jangan hanya memberikan solusi kecil,orang yang ingin bunuh diri cenderung ingin mendapatkan solusi yang besar.Jadi anda harus benar-benar menyelami masalah teman anda tersebut.
  • Jika anda tak mampu juga menyelesaikan masalah,ajaklah mereka menuju orang yang tepat dalam menyelesaikan masalahnya.Memang dibutuhkan kesabaran yang tinggi,tetapi usaha anda adalah usaha yang sangat baik.
  • Jika semua cara yang halus dan lembut sudah dicoba,tetapi tidak mempan dan tetap ingin bunuh diri.Daripada nanti membahayakan anda apalagi dia dapat nekat sewaktu-waktu melakukan bunuh diri dan anda tidak dapat mengatasi sendirian.Segera panggil polisi atau biarkan pihak berwajib yang menanganinya agar dibawah ke psikiater.
Facebook 3
Google+ 0
Pinterest 0

Latest Comments
  1. Blog KMP

    tingkatkan keimanan, yakin bahwa Tuhan tidak akan meninggalkan kita terjebak dalam masalah yang tidak terselesaikan, semua adalah ujian untuk menaikkan derajat kita, jika kita mampu mengatasi ujian sulit tersebut berarti kita memang pantas naik kelas, ya seperti sekolah aja, klo pas ujian dihadapi dan dikerjakan sebaik mungkin, bukannya malah bolos

  2. Joko Sutarto

    Bunuh diri kayaknya menjadi tren. Contoh di kalangan artis Korea. Salah satu sebabnya, betul karena alasan nomor satu. Karena mereka kurang kuat dalam hal beragama

  3. awitara

    mudah2han generasi mudayang lainnya gk menitu hal tersebut, khususnya para pria,,,
    amin
    salamkenal,,

  4. wardun

    kdg2….tlalu stress mmg bhaya. apalagi bila xda org yg mahu mendengarkan mslh yg dhadapi. nice article…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six × = 54

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>