Sejarah Ayam Ketawa Yang Unik

Ada-akbar.com – Ayam Ketawa itulah namanya,ayam yang satu ini bukan ayam pada umumnya.Meskipun bentuknya terkesan sama tetapi Ayam Ketawa memiliki suara yang unik.Suara Ayam yang menyerupai suara manusia tertawa memberikan kebanggaan sendiri bagi pemiliknya.

Asal muasal ayam ketawa berasal dari daerah Sidrap atau Sidenreng Rappang (Sulawesi Selatan).Di daerah Sidrap inilah terdapat Satu Jenis Ayam yang berbeda suaranya daripada Ayam yang lain.Walaupun secara umum menyerupai Ayam yang lain,tetapi pada ujung berkokoknya menyerupai suara orang ketawa.Ada juga yang menyerupai burung gagak sehingga disebut Ayam Gagak.

Konon Pemilik Ayam Ketawa pada zaman dahulu sangatlah langka,mengingat pemiliknya rata-rata kaum bangsawan.Etika dan Rasa hormat kepada kaum bangsawan khususnya anggota kerajaan membuat Ayam Ketawa disegani dan menjadi simbol pada masyarakat tertentu.

Menurut M.Yusuf MD dan Toko masyarakat lain,Ayam Ketawa yang digemari memiliki berbagai jenis.Di antara jenis Ayam Ketawa antara lain,

  1. Jenis Ayam Bakka adalah Ayam Ketawa yang warna dasar Putih mengkilap dengan dihiasi warna dasar hitam, oranye, merah dan kaki hitam atau putih.
  2. Jenis Ayam Lappung adalah Ayam Ketawa warna dasar bulu hitam dengan merah hati dengan merah hati, dan mata putih.
  3. Jenis Ayam Ceppaga adalah Ayam Ketawa warna dasar hitam dengan dihiasi bulu hitam dan putih, ditambah betuk putih dibadan sampai pangkal leher dan kaki hitam.
  4. Jenis Ayam Kooro adalah Ayam Ketawa Warna dasar hitam dengan dihiasi hijau atau putih dan kuning mengkilabdan kaki kuning atau hitam.
  5. Jenis Ayam Ijo Buata adalah Ayam Ketawa warna dasar hijau dihiasi merah, diselingi warna hitam disayap, kaki warna kuning.
  6. Bori Tase’  adalah Ayam ketawa warna dasar bulu merah dan dihiasi bintik bintik kuning keemasan.

Anda dapat mendengarkan Suara Ayam Ketawa dalam video dibawah ini,

 

Sebagian dikutip dari  : ayamketawaindonesia.com

Facebook 4
Google+ 0
Pinterest 0

Latest Comments
  1. hanif mahaldy

    duh, ngakak guling2 aq mas akbar… hahaha… bisanya gitu ya…

  2. Riky Rizkiyana

    Saya pernah lihat tuh di tipi.
    Harganya pun ga’ murah..
    #OTF

  3. Sugito Kronjot

    Lucu, baru tahu ada ayam yang kaya gitu….

  4. Berita Gadget

    Oww, itu beneran ada ya ?! Baru tahu neh. Hemmm, gimana dengernya ya, sayang internet lemot banget buat buka you tube :(

  5. andre

    wah jadi pengen punya. termasuk hewan langka ya mas?

    • akbar

      Yoi. .
      termasuk langka,tetapi sekarang mulai dikembangbiakkan. .Semoga ga jadi hewan langka lagi :D

  6. lozz akbar

    adikku ada yang pelihara tuh ayam ketawa.. emang lucu deh ngeliatnya

  7. tomi

    akakaka…
    beneran suaranya kayak orang ketawa.. beneran baru lihat nih mas

  8. fikypw

    hahaha..
    bener – bener mirip orang ketawa wkwkwk..
    baru pertama kali ane ngeliat nih ayam wkwkwk..

  9. giewahyudi

    sebaiknya dinamakan Ayam OVJ saja.. hehehe

  10. lintasberita

    Lintasberita says : iya bener saya pernah liat nih beritanya di TV, heran aja ayam kok bisa ketawa >.< pejabat indonesia aja ada yang susah ketawa hahahahalay

  11. Anas

    ngakak sendiri diriku melihat videonya.. :D

  12. Irawan

    saya beberapa kali lihat berita yang menyiarkan perlombaan ayam ketawa… bener-bener bikin ketawa…

  13. mamah Aline

    harganya mahal ya mas, suaranya benar-benar ngakak kayak orang ketawa… :D
    kalo pagi subuh yang bangunin ayam ini dijamin gak usah pakai weker

  14. Andhy

    itu ayam alas (hutan) bukan ya?

    • akbar

      Ada yang ayam hutan ada juga yang bukan mas. :)
      Banyak macamnya..

  15. Ryan Friska Arisandhi

    setaralah ma harganya yg mahal itu :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


four − = 0

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>