Etika Berbicara yang baik

 

Ada-akbar.com – Berbicara memang sepele,tetapi jarang kita dapat berbicara sesuai etika yang baik.Berbicara yang enak di dengar dan mudah dipahami serta tidak melebar keluar topik pembicaraan.Sebenarnya seperti apa etika berbicara yang baik agar tidak melebar keluar topik ? 

1.Fokus pada lawan bicara

Dengan fokus pada lawan bicara tentunya lawan bicara akan mudah mendapatkan maksud pembicaraan.Jangan sampai anda berpaling dari lawan bicara,karena topik akan pecah dan tidak jelas.

2.Menggunakan Suara yang baik

Suara yang baik tentunya disesuaikan dengan lawan pembicara.Apabila lawan pembicara adalah orang tua lanjut usia tentunya dengan lirih dan sopan.Sesuaikan lawan bicara,jangan sampai suara anda menyakitkan hati lawan bicara.

3.Jangan mengeluarkan perkataan yang tidak pantas

Lupakan dan jauhkan perkataan kotor dalam bicara anda.Perkataan kotor biasa akan merusak pembicaraan dengan lawan bicara.Kadang juga nyambung,tetapi efek dari perkataan kotor itu yang mencerminkan pribadi kita dimata lawan bicara.

4.Awali dan ahiri pembicaraan dengan senyuman

Senyuman dapat membuat lawan bicara kita tersapu malu dan baik kepada kita.Lawan bicara belum mengatakan sesuatu tetapi kita sudah memberikan sebuah hadiah yang enak dipandang mata yaitu ” senyuman ” .

5.Berjabat tangan sesudah pembicaraan

Dapat juga dengan berjabat tangan atau meletakkan tangan di atas dada sendiri sebagai isyarat anda menghargai orang lain sebagai mana anda menghargai diri sendiri.

Silahkan dicoba,hati-hati kalau anda jadi banyak teman .. . :)

 

Facebook 46
Google+ 0
Pinterest 0

Latest Comments
  1. tomi

    keliatannya ini saya benget deh mas akbar :ngakak:

    • akbar

      ternyata oh ternyata xixixixi :D

  2. nia/mama ina

    tipsnya oke punya nech…….point no. 4 aku selalu melakukannya hehehe

    • akbar

      hihihi . . lanjutkan .. . :)

  3. bro eser

    Memandang lawan bicara juga menurut saya termasuk hal yang harus dilakukan

    • akbar

      Benar,sebagai wujud penghargaan kepada lawan bicara kita.

  4. Jurug

    tips kebaikan ini akan sangat bermanfaat gan.. makasih

  5. m.yasin

    aslm,mas akbar saya mau tanya……gimana sih tips supaya saya bisa berbicara didepan banyak orang….sedangkan saya wawasannya kurang….itu aja mas…mkasih.

  6. robby

    bagus sekali mas akan sayaa coba selalu

  7. putri

    nice…. :-)

  8. Rika damayanti

    Terimaksihh artkelnya.
    ohh yaa saya bingung terkdang saya lbih dkat berbcara dgn orng lain dan lbih nyamn d bndingkn dengn sodra sndri mengpa yaa.. ?? klo saya berbcra kdng ska tk d dngr ap ya yg salah dgn pembcraan saya ? tolong tipsnya yaaa makasiihhh

  9. rudi kusniadi

    mas sy mau minta solusi,
    bgaiman crany brbicra yg baik dn sopan dgn atasan ?sdangkan keadaan sy sndri saat ini di mata atasan jelek.
    Mksh mas.

    • akbar

      Cba buat atasan anda senang,dengan mencari kesenangan dia dimana.Kalau atasan anda senangnya makan roti,ya dkasih hadiah roti.Kalau senangnya melihat anda berkerja dengan baik,cbalah berkerja yang lebih baik.Kerjakan pekerjaan anda lebih tepat waktu daripada waktu yang atasan tentukan.Semoga dapat membantu

  10. zul

    saya setuju sama artikel yg diterbitkan saya senang membacanya tapi sya sendiri juga terfikr nggk bisa berbicara baik karna rasa malu yang mengganjal

  11. della

    sibpz deh ama mas akbar …
    akku skarang jd banyak temen … hehehehehehehe :)

  12. della

    sibpz deh
    aku bangga ama kak akbar .. lanjutkan terus yya kak … :) :) :) :) :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


one × 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>