Hujan abu gunakan masker

 

Ada-akbar.com – Maaf kemarin saya tidak sempat menulis ,sekarang saya mengambil foto saya yang sedang menggunakan masker tapi tidak pakai kacamata kan dirumah .. :)

Mencegah lebih baik daripada mengatasi ,itu nasehat yang bagus untuk dita ati .Hujan abu yang  mengguyur Jogja dan sekitarnya membuat orang – orang kesulitan dalam melakukan aktivitas.Dari mulai kerja sampai belajar.Tapi mau gimana lagi ,Sang Kuasa yang berkehendak maka kita terima aja .

Lalu jika hujan abu apa yang mesti kita persiapkan … ?

Masker dan kacamata ” ini wajib anda punya dan anda pakai.Karena hujan abu kali ini cukup tebal ,apalagi daerah kaliurang serta daerah di sekitar gunung merapi.

Dikutip dari ” Okezone ”

Ahli kesehatan paru dari Rumah Sakit Omni Alam Sutera Tangerang, Dr Thahri Iskandar SpP, pada prinsipnya sewaktu letusan gunung itu terjadi, berbagai macam batu-batuan dikeluarkan. “Kandungan yang terdapat dalam abu vulkanik sangat variatif,” kata dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya ini.

Thahri mengatakan, apabila dibagibagi, maka kandungan dalam abu vulkanik tersebut terdiri atas pasir dan batu-batuan, produk letusan seperti belerang, juga awan panas yang banyak disebut dengan wedhus gembel. “Semuanya sangat berpengaruh terhadap kesehatan, khususnya paru-paru,” ungkapnya.

Masih dijelaskan Thahri, saat menyerang pernapasan, dampak yang terjadi pun bisa beragam. Misalnya saja saat menyerang kepada orang yang sebelumnya sehat, maka bergantung seberapa besar debu itu menyerang seseorang. “Posisi juga menentukan seberapa besar abu tersebut masuk ke dalam pernapasan kita,” ungkapnya.

Nah, jika posisi seseorang dekat dengan abu vulkanik yang kemudian masuk ke dalam pernapasan cukup banyak, maka bisa membuat saluran pernapasan membengkak karena efek dari panasnya udara. Yang terjadi, bisa saja sesak napas, bahkan sampai mengancam jiwa.

Berbeda halnya dengan seseorang yang sudah bermasalah pada paru-paru, seperti pada penderita asma misalnya. Umumnya pada seseorang yang memiliki riwayat asma, maka asmanya akan kumat. “Abu vulkanik merupakan salah satu pencetus terjadinya serangan asma,” paparnya.

Kita semua tahu bahwa asma adalah penyakit yang sifatnya terjadi terus menerus yang biasanya terjadi apabila terdapat pencetusnya. Dalam hal ini, abu gunung menjadi salah satu pencetus asma yang kuat sehingga yang terjadi pada penderita asma biasanya adalah bengek yang bisa muncul kapan saja saat terpapar abu vulkanik.

Selain asma, abu vulkanik juga sangat berbahaya bagi seseorang yang sudah menderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau penyakit yang disebabkan gas atau asap yang beracun dan berbahaya.

Bisa jadi anda yang tidak terkena asma  , apabila menghirup abu vulkanik dapat membuat anda terkena Asma yang terus menerus :(

Dikatakan oleh spesialis paru dari Rumah Sakit Persahabatan, Dr Agus Dwi Susanto SpP, abu vulkanik sangat mengganggu kesehatan manusia terkait dengan berbagai hal, terutama paru, mata, dan kulit.

Waduh gimana ?

Jangan panik ,asalkan anda mencegah sejak dini dan berhati – hati terhadap abu vulkanik insya ALLAH akan aman – aman saja.

Jika anda terhirup cepat – cepatlah untuk mengeluarkan abunya ,banyak – banyak minum air dan apabila gejala sesak kambuh segera cepat diperiksakan ke dokter terdekat :)

Tags:

Related to Hujan abu gunakan masker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>